mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kenalan dengan Badan POM yuk !
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Kalau Anak Flu, Batuk dan Muntah
Anak saya 16 bulan sudah hampir satu bulan filek ( batuk & flu ) batuknya kadang sampai muntah, apa yang harus dilakukan kalau dia muntah dan apakah kebiasan minum air dingin yang menyebabkan fileknya belum sembuh juga. Terima kasih sebelumnya.
elia amalia, 29 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Dear ananda Elia,

apabila batuk-pilek sampai 1 bulan, saya kira sepertinya penyakit anak ananda sudah bukan lagi "flu". Karena flu biasanya kurang lebih hanya sampai 3 hari saja, bila tanpa infeksi sekunder atau kelainan yang lain. Untuk anak 16 bulan, menelaah keadaannya, pastinya ada hal-hal yang lain dibalik "flu" dan batuknya. Coba perhatikan keadaan anak lebih teliti. Inflamasi / radang disertai suhu badan meningkat - warna ingus tidak encer (putih, "butek"/tidak jernih, kental/berwarna lain) sudah memberi arahan adanya infeksi sekunder, sehingga perlu obat batuk & pilek untuk bayi atau kalau perlu juga antibiotik.

Muntah dapat merupakan refleks alami mekanisme "pertahanan tubuh" atas tertelannya ingus atau oleh rangsangan dari batuk itu sendiri.

Karena saya tidak bisa mendiagnosa secara langsung cuma berdasarkan keterangan dari ananda, saya sarankan, sebaiknya konsultasikan langsung ke dokter umum atau spesialis anak di daerah domisili ananda. Mereka bisa melihat sendiri keadaan buah hati, sehingga bisa memberikan langkah pengobatan yang lebih tepat. Kasihan sekali buah hati ananda atas kondisi yang dideritanya,sedangkan si mungil belum dapat "protes".

Saya harus utarakan di sini, bahwa pada beberapa individu terdapat reaksi "alergi" atas suhu dingin sehingga dapat timbul pilek yang encer-bening, yang kemudian akan mereda bila alergen-nya diberantas / dihilangkan / dihindari. Air dingin dapat memberi nuansa dingin di daerah lokal (mukosa mulut - tenggorokan), sehingga bisa menimbulkan pilek juga, jika pertahanan tubuh tidak kuat. Vitamin C, A, E dan zat Kalsium dapat meningkatkan pertahanann sel epitel permukaan (mukosa dan kulit tubuh kita.

Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu ananda menentukan langkah penyembuhan bagi buah hati tercinta dengan tepat.
Konsultasi lain :
Membersihkan Telinga Anak
Batuk & Pilek tak kunjung sembuh
Anak Tanpa Testis
Susah Mencerna Makanan
Ketombe Pada Anak
Minum Susu Soya Malah Sakit?
Bedah Plastik untuk Anak
Hidung Tersumbat akibat Lendir
Ada Flek Di Paru-Paru Anak Saya, Dok.....
Sumbing Langit-langit (Cleft Palate)
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006