mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kenalan dengan Badan POM yuk !
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Gemuk Sehat Secara Alami
Apakah seharusnya yang saya makan, agar badan menjadi gemuk sehat secara alami dok tinggi saya 165 cm. trims
Amin Arianza, 25 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Halo dik Amin, sayang kamu tidak menyebutkan berapa berat badan kamu sekarang. Apakah kamu merasa kegemukan, atau terlalu kurus. Sebelumnya kita bisa menghitung indeks massa tubuh. Untuk lebih mudahnya bisa coba buka situs http://www.halls.md/body-mass-index/bmi.htm, disana kita cukup memasukkan data tinggi dan berat badan, jenis kelamin serta usia, nanti formulanya akan menghitung indeks massa tubuh kita, dan bahwa kita masuk kategori underweight (kurus), in normal range, atau overweight (gemuk). Untuk tinggi badan dan usiamu, normalnya berat badan 53 kg sampai dengan 68 kg. Idealnya sekitar 60 kg. Dibawah 53 kg maka kamu masuk kategori kurus, dan diatas 68 kg masuk kategori gemuk.

Jika kamu termasuk golongan kurus, dianjurkan makan makanan yang tinggi kalori, tinggi protein, dan cukup lemak, yang bisa dicapai dengan makan besar tiga kali sehari (jangan sampai kurang makan). Minimal kebutuhan kalori adalah 2200 Kcal. Protein berfungsi dalam pembentukan otot. Protein banyak terdapat dalam putih telur, daging merah dan daging putih (unggas), serta ikan. Sebaiknya tetap tidak mengkonsumsi lemak dalam jumlah tinggi, karena apabila jarang berolahraga, lemak akan menumpuk di dalam tubuh dan susah untuk dihilangkan. Resiko kelebihan lemak lainnya adalah tingginya kadar kolesterol darah yang bisa menyebabkan resiko hipertensi, penyakit jantung dan stroke. Memang makanan yang mengandung protein (hewani) umumnya mengandung lemak. Hal ini bisa kamu "akali" dengan mengkombinasikan jenis protein yang kamu makan, misalnya sesekali mengurangi porsi daging dan dipadu dengan tempe/tahu, atau minum susu kedelai. Produk suplemen tinggi protein juga bisa kamu coba, misalnya susu Weight Gain (bisa dibeli di apotek), sejenis susu formula protein tinggi khusus untuk menambah berat badan. Untuk mengoptimalkan kerja protein dalam membentuk otot, disarankan agar melakukan olahraga ringan, seperti jogging atau renang secara rutin dan cukup istirahat. Penting juga untuk tetap makan buah-buahan dan sayuran setidaknya satu porsi tiap waktu makan untuk membantu melancarkan pencernaan dan mengikat kolesterol, banyak minum air putih, dan bisa dibantu dengan minum suplemen vitamin dan mineral, karena vitamin dan mineral dapat berfungsi sebagai katalis, mempercepat reaksi, terutama jika ada sel-sel tubuh yang rusak dan mesti 'diganti'. Hindari makanan/minuman yang dapat mengurangi nafsu makan seperti kopi, alkohol, gorengan/makanan berminyak, dan makanan yang mengeluarkan gas seperti kol/kubis. Camilan atau snack juga sangat diperbolehkan, selama tidak mengandung gula atau lemak yang terlalu tinggi. Sekali lagi, lemak tidak dilarang, hanya jumlahnya harus dibatasi. Untuk tambahan asupan energi, minum susu 1-2 gelas tiap hari juga dianjurkan.

Nah, mudah-mudahan kamu bisa mengatasi masalah berat badan kamu mulai sekarang. Ingat kata kuncinya : "makan besar!". Salam dari mediasehat!
(Dijawab oleh : mia, S.Si, Apt)
Konsultasi lain :
Manfaat Cuka Apel
Buah Impor dan Makanan Organik
(Lagi) Kurus Pingin Gemuk
Si Kurus Pingin Gemuk
Perlukah "Obat Cina" spy Gemuk?
Berat Badan Cepat Naik
Pola Makan & Minum Saya Buruk U/ Ginjal dan Hati?
Gimana Cara Ngurusin Badan Dengan Cepat ?!
Tanya Tentang Detoksifikasi, Dok.....
Saya ini Kurus Tak Seperti Keluarga Saya Yg Lain..
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006