mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Tren Diet Baru : Clean Eating
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Trauma akibat Keguguran
Saya sudah berumah tangga selama 4 tahun tetapi belum memiliki keturunan. Selama 4 tahun ini saya sudah 2 kali mengalami keguguran. Pertama karna ada virus tokso dan yg kedua karena kecapean karena selama kehamilan kedua saya sedang kuliah. Selama ini siklus haid saya juga tidak normal, terkadang di awal bulan, pertengahan aatu akhir bulan. Dan saya sering mengalami gejala2 kehamilan seperti perut rasanya begah dan mual2 tetapi kalo di cek urine hasilnya selalu negatif. DAn saya juga masih mengalami trauma akibat 2 kali keguguran itu. Yang ingin saya tanyakan: 1. Apakah ketidak teraturan haid saya sangat mempengaruhi kehamilan? 2.Apakah gejala2 kehamilan tadi itu pertanda bahwa sebenarnya saya subur tetapi karena mungkin kecapean sehingga mengeluarkan darah haid lagi? 3.Bagaimana saya mengatasi rasa trauma untuk hamil kembali. Terima kasih Veronica
Veronica, 31 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Halo Veronica,

Sebetulnya masalah datangnya haid tidak tepat tanggal, itu bukan masalah besar, selama siklusnya tetap, bisa tiap 28 hari, tiap 30 hari, bahkan ada yang tiap 35 hari. Jika siklus haid Anda panjang, wajar sekali jika datangnya haid tiap bulan tidak tentu tanggal. Jadi, saran kami, cobalah Anda mencatat tanggal pertama kali haid tiap bulan, setidaknya selama 3 bulan berturut-turut. Jika jumlah harinya sama, maka siklus Anda normal. Tapi jika jumlah harinya tidak sama, maka siklus haid Anda tidak normal.

Ketidakteraturan haid bisa jadi mempengaruhi kehamilan. Setidaknya, karena pada siklus yang tidak teratur, kita sulit menentukan masa subur. Pada wanita dengan siklus normal, masa subur biasanya ditentukan dengan cara menghitung mundur 14 hari dari hari pertama menstruasi. Nah pada wanita dengan siklus normal, tentunya akan lebih sulit memprediksi kapan masa suburnya. Apalagi jika ketidakteraturan haid diakibatkan karena adanya penyakit/infeksi pada organ reproduksi Anda.

Jika Anda pernah mengalami dua kali kehamilan (walaupun dua-duanya keguguran), artinya badan Anda cukup subur untuk hamil, setidaknya pada waktu itu. Namun tingkat kesuburan seorang wanita juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain produksi hormon, dan masalah fisik seperti terlalu lelah/sibuk, dan juga masalah psikis seperti stress akibat pekerjaan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus menjaga diri Anda sendiri dengan gaya hidup yang seimbang. Kurangi makanan yang siap saji, hindari sebisa mungkin zat kimia tambahan makanan, dan juga hindari alkohol dan merokok. Upayakan agar hidup Anda teratur. Bangun pagi yang teratur, tidur malam yang teratur, dan istirahat yang cukup.

Mual-mual yang Anda rasakan, belum tentu merupakan gejala kehamilan. Karena pada pagi hari, perut kita kosong dalam waktu yang cukup lama (10-12 jam), akibatnya produksi asam lambung sangat tinggi di pagi hari.

Untuk masalah trauma, tentunya itu adalah salah satu beban psikis yang bisa mempengaruhi tubuh Anda. Cobalah untuk berpikiran positif, karena bagaimana Anda bisa hamil jika Anda terus menerus dihantui oleh pikiran negatif bahwa Anda akan keguguran? Anggaplah keguguran tersebut adalah musibah yang musti Anda tarik hikmahnya. Karena menurut kami, sebetulnya Anda sudah bisa mengambil pelajaran dari kedua musibah tersebut. Seperti yang kami anjurkan di atas, menjaga diri Anda lebih baik dapat menghindari Anda dari resiko-resiko yang menyebabkan Anda keguguran di masa lalu.

Demikian penjelasan kami yang cukup panjang, semoga Anda tidak bosan membacanya. Salam dari Mediasehat, kami harapkan yang terbaik untuk Anda!
Konsultasi lain :
Sperma di keluarkan diluar
Bergesekan Kelamin bisa Hamil?
Selaput Dara vs Virginitas
KB yg tidak bikin gemuk
Suami menderita TBC, bolehkah Istri Hamil?
Usai Kiret bisa langsung Hamil?
Mual & Muntah Pagi Hari, pasti hamil?
Mulas dan Sakit Perut Saat Hamil, Amankah?
Seks untuk Remaja
Masturbasi itu apa ya?
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 4 5 6 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006