mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kebiasaan Keluarga Sehat
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Obat cacing untuk anak di bawah 2 tahun
Obat cacing apa yang boleh diminum anak di bawah umur 2 tahun dengan kerja obat cacing menghancurkan cacing (cacing tidak ke luar utuh). Saya pernah dengar ada obat seperti itu, tapi saya baru menemukan untuk orang dewasa. Bolehkah anak di bawah umur 2 tahun diberi obat cacing rutin (setiap 6 bulan) seperti orang dewasa untuk pencegahan?Mohon informasinya. Trimakasih..
ade, 25 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Dear Ananda Ade,

Penyakit cacing ada beberapa macam tergantung dari jenis cacingnya sendiri, karena cacing bisa menyerang organ lain juga selain organ usus. Tapi segala penyakit cacing bisa diidentifikasi penyebabnya dari pemeriksaan telur atau larva atau cacing dalam tinja si penderita. Pemeriksaan ini bisa dilakukan di rumah sakit. Pengidentifikasian jenis cacing akan memudahkan menentukan obat dan langkah penyembuhan apa yang diperlukan.

Obat cacing (antihelmetika) adalah obat untuk memusnahkan cacing-cacing dalam tubuh manusia maupun hewan. Efek yang diharapkan dari obat macam ini tergantung dari jenis cacing dan letak kolonisasinya. Terhadap cacing yang ada di rongga usus, digunakan obat yang reabsorpsinya kecil, sehingga kadar obat dalam usus tinggi. Sedangkan terhadap cacing yang dapat menembus usus dan merayat ke jaringan dan organ lain, seperti misalnya cacing gelang, diperlukan obat yang direabsorpsi dengan baik ke darah sehingga kadar obat saat mencapai jaringan atau organ yang diserang cukup untuk mematikan cacing.

Obat cacing ada yang broad-spectrum (dapat untuk semua / beberapa jenis cacing sekaligus), seperti mebendazol,piperazin dan pirantel; dan ada yang narrow-spectrum (untuk salah satu jenis cacing saja), seperti pirvinium (untuk cacing kremi), befenium (untuk cacing tambang), dan nikloamida (untuk cacing pita). Tapi kebanyakan produk obat cacing yang ada di pasaran adalah jenis broad-spectrum (silakan lihat sendiri di komposisi obat).

Obat cacing sebenarnya bisa untuk orang segala usia, hanya untuk anak dibawah 2 tahun, harus ekstra hati-hati, karena obat cacing ini bekerja dalam jaringan dan organ tubuh, dan kita tahu bahwa jaringan dan organ dalam tubuh anak-anak masih rentan terhadap obat. Tapi saya anjurkan untuk menggunakan obat cacing yang memang untuk anak, karena obat tersebut memang diformulasikan dengan dosis untuk anak (maksud saya, dosis obat adalah dosis untuk anak-anak). Dan lagi, perlu diketahui, obat pada produk untuk anak, biasanya diformulasikan supaya lebih bisa ditoleransi olah tubuh anak.

Semoga informasi saya dapat membantu.
Konsultasi lain :
Membersihkan Telinga Anak
Batuk & Pilek tak kunjung sembuh
Anak Tanpa Testis
Susah Mencerna Makanan
Ketombe Pada Anak
Minum Susu Soya Malah Sakit?
Bedah Plastik untuk Anak
Hidung Tersumbat akibat Lendir
Ada Flek Di Paru-Paru Anak Saya, Dok.....
Sumbing Langit-langit (Cleft Palate)
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006