mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kebiasaan Keluarga Sehat
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Datang Haid 2 - 3 Bulan Sekali, Kenapa Ya ?
dokter yang terhormat... ini konsultasi saya untuk yang kesekian kalinya... terima kasih atas jawaban dokter dari konsultasi sebelum-sebelumnya... dalam konsultasi yang sekarang, saya akan menanyakan masalah yang di ada pada istri saya...kami baru menikah..keluhan istri saya adalah terlambat bulan...wajar seh tapi sangat mengganggu dan sedikit takut.. soalnya haids yang datang terlambat itu sekitar 2 sampai 3 bulan sekali... kata dokter sech akibat stress tapi kok tiap kali datang bulan pasti terlambat 2-3 bulan... atau mungkin ada kista dalam perut istri saya?dan apakah itu pengaruh dengan kesuburan kandungan istri saya? gimana caranya agar datang bulan itu teratur datangnya? terima kasih atas jawaban dokter.
Rakhmad Rizal, 26 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Dear ananda Rakhmad,

Haid istri ananda yang datang 2 - 3 bulan sekali itu sebenarnya sudah merupakan keadaan yang janggal. Datangnya masa haid yang sampai 2 - 3 bulan ini, menunjukkan ada masalah dengan siklus haid.

Memang ada dasarnya siklus haid (menstruasi) pada setiap wanita bisa bervariasi, yaitu antara 24 sampai 35 hari. Namun ada juga yang teratur 28 hari sekali. Melihat kenyataan ini, maka benar kalau yang namanya datang haid harusnya datang teratur sebulan sekali.

Perbedaan datangnya masa haid pada wanita, yang kami sebutkan tadi, terjadi karena adanya perbedaan dari kadar hormon estrogen (hormon kelamin) yang diproduksi oleh masing-masing tubuh wanita.

Oleh karena siklus haid terjadi akibat pengaruh kerja hormon estrogen, maka jika produksi hormon estrogen kurang, maka siklus haid bisa makin malam. Demikian pula dengan sebaliknya, jika produksi hormon ini berlebih, maka siklus jadi makin cepat. Maka dari itu, tidak heran kalau siklus haid seorang wanita bisa berubah-ubah. Kondisi tubuh dan psikologis berperan penting dalam produksi dan kerja hormon estrogen, dan efeknya terhadap jadi lebih cepat atau lambatnya siklus haid bisa berbeda-beda untuk tiap individunya.

Untuk kasus istri ananda, ananda harus lebih memperhatikan, apakah siklus haid 2 - 3 bulan sekali-nya ini terjadi sudah sejak lama sebelum kalian menikah ataukah terjadi setelahnya. Kalau terjadi sudah sejak lama sebelum kalian menikah, maka agaknya memang siklus haid-nya lah yang memang lain dari yang lain, untuk ini kondisinya ini bisa dianggap normal. Hal yang bisa menjelaskan kondisi ini adalah kenyataan produksi hormon esterogen istri ananda yang memang agak kurang, makanya siklusnya jadi lama sekali.

Nah, yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah kalau siklusnya yang seperti ini, ternyata terjadi baru belakangan ini, karena ada dua hal yang bisa dijadikan alasan.
Pertama, kondisi istri ananda memang sedang tidak bagus, mungkin dia sedang stres dengan pekerjaan sehari-harinya, ini jelas-jelas akan berpengaruh pada hormon-hormonnya (ingat, yang sudah kami sebutkan diatas, bahwa kondisi tubuh dan psikologis bisa mempengaruhi kerja hormon), dan untuk hal ini, mempengaruhi siklus haid (yang tentu saja akan berpengaruh pada kesuburan seorang wanita itu sendiri). Akan tetapi bukan berarti jika siklus haid seorang wanita tidak lancar (sering terlambat), berarti wanita itu tidak subur, karena banyak sekali kasus wanita yang haidnya datang sering terlambat tapi masih bisa hamil, artinya produksi sel telur hanya bermasalah pada waktu saja. Itu berarti masalah datang haid terlambatnya, cuma masalah pada produksi hormon saja.

Hal kedua, jika ternyata ada masalah cukup serius yang terjadi pada organ-organ kelamin bagian dalam, seperti misalnya kista pada kantung - dinding rahim atau di indung telurnya, atau endometrosis (penyakit kanker dinding rahim) atau penyakit lainnya, yang memang berhubungan timbal balik terhadap berlangsungnya proses pembentukan sel telur oleh hormon-hormon kelamin. Jika ternyata dalam rahim terdapat kista atau penyakit, dan tidak segera ditangani dengan benar, jelas sekali bisa berakibat ketidak suburan.

Supaya lebih yakin, ananda bisa membawa istri ananda ke rumah sakit atau ke dokter ahli patologi anatomik untuk diperiksakan, mungkin keluhan terjadi karena memang ada masalah di organ kelamin dalamnya atau hanya akibat hormonal saja. Pemeriksaan bisa dilakukan secara USG (scanning secara visual) maupun pengambilan sampel.

Untuk mengusahakan agar datang bulan lancar itu sebenarnya mudah saja, yaitu pola hidup sehat, cukupkan istirahat, urangi keletihan yang bisa mengundang rasa stres, dan perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin E (seperti kecambah). Jangan sekali-kali melakukan terapi hormon estrogen langsung, karena lama kelamaan bisa menyebabkan kanker (seperti pada payudara). Menyelesaikan satu masalah dengan mendatangkan masalah baru itu sama saja tidak benar.

Demikian jawaban kami, semoga bisa menjawab pertanyaan ananda.

Salam kami,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat
Konsultasi lain :
Darah saat Berhubungan Intim
Akibat Masturbasi pada Wanita
Apakah harus puasa Berhubungan Imtim setelah masa
Saat Menstruasi Absen
Puting Susu Melesak ke Dalam
Menghilangkan Mioma Tanpa Operasi?
Cairan Vagina Berbau Tak Sedap
Tidak Haid 5 Bulan, Bukan Tanda Hamil?
Haid Setahun Sekali ?
Haid 2 kali sebulan
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 4 5 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006