mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Kebiasaan Keluarga Sehat
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Mengatasi Keringat Berlebihan

Pertanyaan saya mungkin sudah banyak dikupas namun rasanya kok belum puas jika belum bertanya sendiri karena mungkin kasusnya sedikit berbeda. Tetapi masih pada masalah keringat. Keringat saya sangat banyak terutama pada ketiak, dada, punggung dan dahi. Bukan karen olah raga atau kerja berat. 1. Saya merasa bahwa suhu udara selalu panas. Orang lain merasa suhu udara "biasa" saya merasa kepanasan, orang lain mengatakan dingin, saya baru merasa biasa apalagi kalau orang lain mengatakan kepanasan, naka saya sudah mandi keringat. 2. Saya berkeringat tidak pandang suhu udara. Bahkan diruang ber AC pun saya bisa mandi keringat. Sebab dengan sedikit saja tekanan jiwa (sedikit saja stress) keringat langsung mengalir walaupun udara dingin. Saya sudah berusaha sesantai mungkin, mempersiapkan pekerjaan sebaik mungkin agar tidak terjadi beban waktu melaksanakan. Mungkin sebagai data tambahan saya adalah guru. Sehingga menghadapi siswa mestinya adalah hal biasa. tetapi dalam mengajar saya pasti berkeringat apalagi kalau ada permasalahan yang saya tidak bisa njawab. Dok, saya selalu tidak PD dan malu gara-gara keringat ini. Kira-kira langkah apa yang bisa saya lakukan. Kalau kedokter, dokter spesialis apa. Terima kasih.

budi, 47 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :

Pak Budi yth.,

 

Ada beberapa penyebab kemungkinan Anda mudah berkeringat. Tapi yang sebetulnya ingin saya ketahui adalah :

1. sejak kapan Anda mengalami hal ini? Apakah sejak Anda muda atau masih kecil, atau baru beberapa tahun belakangan ini. Karena jika memang Anda mengalami ini sejak kecil, kemungkinan ada abnormalitas pada tubuh yang menyebabkan tubuh Anda berkeringat secara berlebihan, yaitu hiperhidrosis. Ini bukanlah penyakit, tetapi semacam gangguan fungsi di mana tubuh memproduksi keringat secara berlebihan.

2. Apakah Anda merasa suhu tubuh Anda lebih panas atau orang lain pernah mengatakan bahwa suhu tubuh Anda lebih panas? Dan Anda sulit gemuk? Jika ya, maka kemungkinan Anda memiliki sistem metabolisme tubuh yang lebih cepat dari orang normal. Sistem metabolisme tubuh yang cepat akan menyebabkan suhu basal tubuh juga lebih tinggi. Kondisi ini normal saja sebetulnya, hanya masalah keringat yang mengganggu.

 

 

3. Tapi karena Anda mengatakan bahwa Anda merasa suhu udara selalu panas, ada hal-hal penting lainnya yang harus diketahui. Apakah tubuh Anda tergolong gemuk? Apakah Anda mudah merasa stres dan mudah marah? Atau, apakah Anda pernah dideteksi dengan tekanan darah yang tinggi? Apakah Anda sering merasa nyeri dada atau antara dada dan leher? Atau apakah Anda merasa mudah lelah?

Ada beberapa penyebab lain seseorang bisa 'tiba-tiba' mengalami keringat berlebihan. Jika ANda tergolong gemuk, deposit lemak bisa menyebabkan tubuh Anda seperti dilindungi 'mantel' sehingga Anda akan merasa lebih panas. Selain itu jika Anda juga terdeteksi hipertensi, Anda akan lebih mudah tegang dan stres, akibatnya keringat akan lebih keluar. Jika Anda merasa adanya nyeri di dada, Anda musti waspada karena keringat berlebih juga salahsatu gejala angina pectoris, atau yang kita kenal dengan serangan jantung. Dan jika Anda selalu merasa mudah lelah, kemungkinan besar keringat berlebih yang Anda alami ada hubungannya dengan gangguan pada kelenjar tiroid.

 

Jika yang Anda alami tergolong point nomor 1, atau hiperhidrosis, dan point 2, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mengatasi. Anda harus selalu menggunakan antiperspirant deodorant untuk mengurangi keringat berlebih (pilih yang untuk kulit sensitif karena pemakaian yang sering bisa menyebabkan kulit iritasi), dan Anda terpaksa harus menggunakannya lebih sering dari orang normal. Anda juga sebaiknya membawa baju ganti (berikut kaus dalam) kemanapun Anda pergi agar jika baju yang Anda gunakan basah oleh keringat, Anda bisa segera menggantinya dengan yang kering. Hal ini juga penting untuk kepercayaan diri Anda, karena dengan pakaian basah oleh keringat, Anda menjadi tidak percaya diri. Akibatnya Anda akan lebih stres dan keringat akan lebih mengucur lagi. Pastikan Anda selalu membawa saputangan kering dan handuk kecil untuk mengeringkan keringat. Untuk menghindari bau keringat, Anda harus rajin mandi, dan usahakan agar ketiak selalu bersih dari bulu ketiak untuk mencegah bakteri tumbuh subur. Usahakan untuk selalu mempersiapkan diri Anda menghadapi hari-hari dengan lebih baik lagi (misalnya tugas-tugas atau persiapan mengajar Anda) sehingga Anda tidak mudah stres. Ada baiknya Anda mengurangi asupan garam karena bisa membantu Anda mengurangi keringat (garam sifatnya menarik air, dengan membuang garam melalui kelenjar keringat -sbg salah satu mekanisme pembuangan- akan juga menarik air dalam bentuk keringat), dan sebaiknya tetap banyak minum untuk mengganti cairan yang hilang. Memang usaha yang dilakukan sepertinya merepotkan tapi setidaknya bisa mengatasi masalah dalam waktu dekat dan cepat.

Ada beberapa metode pengobatan dalam hiperhidrosis mulai dari suntikan botox sampai operasi, tapi hal ini menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Namun jika Anda ingin memastikan pengobatan yang tepat, untuk kasus di atas Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, atau dokter estetika.

 

Jika kondisi yang Anda alami ada di point 3, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter penyakit dalam. Dokter akan memeriksa kesehatan tekanan darah Anda, fungsi jantung dan juga kelenjar tiroid Anda jika diperlukan melalui pemeriksaan lab. Jika telah ditemukan penyebabnya, dokter akan memberikan pengobatan yang tepat, atau merujuk Anda ke dokter spesialis yang lebih mendalami masalah Anda.

 

Semoga jawaban kami bisa memberikan penjelasan seperti yang Anda butuhkan. Salam dari Mediasehat!

Konsultasi lain :
Jerawat di Tubuh
Bekas Luka Tak Kunjung Hilang
Telapak Kaki Pecah & Kasar
Kulit Wajah kok Tampak Tua?
Beda Pembersih, Beda Hasilnya?
Pruritis Sulit Hilang
Mengobati Varises
Bopeng Bekas Cacar
Mengatasi Kulit Hitam
Bintik-Bintik Hitam Kulit
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 4 5 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006