mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Tren Diet Baru : Clean Eating
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Gatal-Gatal di Pergelangan Kaki dan Lutut
Yth. dr.Esti di kedua kaki (antara pegelangan kaki & lutut) sering terasa gatal dan apabila di garuk di lapisan kulit bawa bengkak (seperti ada air) dan merah trus apabila gatal sudah hilang kulit di kaki kelihatan semakin tebal dan ada bercak2 hitam. gatal2 ini sudah bertahun2 meskipun sudah ke dokter kulit tapi juga tidak bisa sembuh. dok, sebenarnya ini jamur apa kenapa bisa sampai bertahun2 gatalnya dan kenapa kulit bisa menjadi tebal dan ada bercak2 hitam? trim's atas penjelasan dok.
yohana, 32 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Halo ananda Yohana,

Saya review lagi : gatal-gatal di kedua kaki ananda agaknya di lokasi yang masuk kriteria "semitri" (antara pergelangan kaki dan lutut), dengan tanda bengkak seperti ada air saat digaruk, dan kemudian seperti ada penebalan kulit dengan warna hitam, tapi walau sudah diperiksakan ke dokter kulit, tidak sembuh juga.

Hal yang ananda keluhkan dapat disebabkan oleh adanya kelainan golongan ATOPI, yang dapat bersifat neurogen / psikosomatik (gejala karena defek psikologis), dan ini bisa bersifat keturunan. Coba hindari / kurangi penyebab keresahan perasaan hati, sehingga tak ada abnormalitas gejolak respon endogen kimiawi / hormonal yang tidak terkontrol.

Langkah-langkah awal yang bisa dilakukan, seperti :
1.) Coba untuk tidak terlalu memikirkan kelainan yang ada di area tubuh tadi.
2.) Coba lihat lagi sebenarnya bagaimana kondisi kelainan itu. Kalau tidak ada tampilan kelainan (='atopia dermatitis'), tentu langkah awal cukup sebagai upaya preventif. Banyak konsumsi makanan-minuman kaya vitamin A, C san E. Pakailah pelindung kontak eksterna dengan krem pelindung / pakai celana panjang bahan katun.
3.) Kalau ada rangsang "mau menggaruk" karena gatal (berarti belum ada tampilan reaksi-reaksi aktif), coba ubah dengan gerakan menekan saja atau boleh saja menggaruk tapi tidak dengan kuku / gunakan gerakan usapan lembut.
4.) Memang kadang 'atopia dermatitis' dapat juga "diboncengi" oleh infeksi jamur dan / atau bakteri, jadi tampilan terlihat kompleks. Cara perawatan - pengobatannya pun jadi lebih kompleks dan harus lebih cermat. Karena perlu diketahui juga bahwa ada obat topikal lokal yang bisa makin memperparah keadaan. Dalam hal ini kehigienisan dan upaya membuang keropeng dapat dengan menggunakan obat kompres Rivanol dengan kasa steril. Setelah bersih, dapat dipakaikan krim / salep obat dermatitis yang sesuai.

Sebenarnya keadaan kulit itu secara tidak langsung berhubungan dengan sistem tubuh dan pola makan. Bisa dicoba untuk mengkonsultasikan ke dokter lain, coba mintakan untuk dilakukan pemeriksaan darah. Cobalah untuk minum air putih banyak-banyak, air akan melarutkan semua zat dalam sistem metabolik dan nanti akan terbuang keluar bersama-sama melalui air keringat atau urin. Seperti yang saya utarakan pada poin 1 diatas, mulailah mengkonsumsi makanan-minuman kaya vitamin.

Bisa juga ananda sebenarnya alergi terhadap suatu makanan / minuman atau terhadap sesuatu yang telah terkontak dengan pergelangan kaki dan lutut ananda itu, yang sampai kini tidak terlalu ananda perhatikan. Bisakah ananda cermati apakah ananda alergi terhadap sesuatu ? Kalau benar, maka langkahnya adalah dengan berusaha menghindari kontak dengan apapun yang membuat ananda alergi itu. Atau kalau perlu minum obat antihistamin (untuk mengurangi gatal melalui sistem sistemik), seperti contoh avil yang mengandung senyawa pheniramin.

Demikian keterangan dari saya, semoga bisa membantu ananda dalam menentukan langkah penyembuhan keluhan yang dirasakan.
Konsultasi lain :
Jerawat di Tubuh
Bekas Luka Tak Kunjung Hilang
Mengatasi Keringat Berlebihan
Telapak Kaki Pecah & Kasar
Kulit Wajah kok Tampak Tua?
Beda Pembersih, Beda Hasilnya?
Pruritis Sulit Hilang
Mengobati Varises
Bopeng Bekas Cacar
Mengatasi Kulit Hitam
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 3 4 5 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006