mediasehat mediasehat mediasehat mediasehat
a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Artikel Utama
Tren Diet Baru : Clean Eating
dbc network
T i p s
Tips Membuat Ramuan Alami untuk Rambut
Push Up yuk...
Konsultasi
Klik disini untuk konsultasi
Tahukah Anda ?
Beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi.
(Wikipedia Indonesia)
mimbar jum'at
Direktori
Direktori Rumah Sakit
Direktori Dokter
Catatan
Panduan makan
Sehat natural
Persembahan kami
Berlangganan Newsletter
Tuliskan e-mail anda disini :
Konsultasi
Pengapuran Di Leher
Minggu lalu saudara laki saya check up di salah satu rumah sakit dan di diagnosis mengalami pengapuran di bagian lehernya , menurut informasi dr dokter bersangkutan bahwa tidak ada pengobatan untuk pengapuran di bgn tersebut. Gejala awal yang dialami saudara saya adalah rasa pegal2 dan pusing di kepala, yang menjadi pertanyaan saya bahwa apabila diagnosis tersebut benar maka apa yang harus dilakukan generasi mudah untuk mencegah adanya pengapuran tsb, terima kasih
silvi, 29 tahun  
pendaftaran dbc-network
Jawaban :
Dear ananda Silvi,

sayang sekali keterangan yang ananda berikan mengenai saudara laki-laki di sini kurang lengkap. Untuk analisa, saya perlu tahu juga mengenai umur, juga landasan apa yang dipakai dokter sebelum ini dalam mendiagnosa adanya pengapuran - sudahkah dilakukan pemeriksaan radiologik ? (CT scan, MRI atau serial pemeriksaan canggih lainnya). Dengan pemeriksaan serial-serial tersebut, pengapuran dapat terdeteksi secara lebih akurat atas posisi - luas - dan kemungkinan adanya jaringan lain yang sudah ikut terkena.

Zat kapur dalam tubuh manusia yang terdapat di luar jaringan tulang merupakan suatu kelainan, yang dapat didasari oleh banyak hal, misalnya: 1.> adanya kelebihan zat kapur dalam darah, 2.> adanya bagian jaringan pengapuran yang telah mengalami destruksi / penghancuran, 3.> adanya produksi hormon paratiroid yang berlebih, 4.> adanya proses radang imunologik, dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Dari keluhan yang telah dirasakan, ada rasa pegal-pegal dan kepala pusing, ini bisa jadi dampak pengapuran agaknya telah mulai mengganggu fungsi jaringan lokal (pegal-pegal adalah pertanda awal adanya hambatan pengeluaran produk hasil metabolisme jaringan itu, atau bahkan sudah pula mengganggu hantaran / pasokan bahan baku metabolisme jaringan), dan juga sistem syaraf di otak (pusing kepala). Tetapi pusing kepala ini bisa disebabkan oleh banyak penyebabnya selain yang saya utarakan sebelumnya. Yang terkait pengapuran di leher seperti yang dialami saudara laki-laki ananda, dapat disebabkan karena adanya pengapuran dinding pembuluh darah yang sudah agak besar ukurannya, yang terjadi pada umur-umur tertentu secara alami / fisiologik => proses manula. Selain itu bisa juga karena kurangnya elastisitas dinding pembuluh darah (ini juga merupakan proses penurunan fisiologik ke usia manula).

Mencegah pengapuran fisiologik adalah menjaga kegairahan (optimis - energik)hidup pada usia manula dengan rajin menggerakkan / mengaktifkan laju aliran darah ke seluruh bagian tubuh secara proporsional, juga dengan menjaga pasokan makanan - minuman sehat bergizi secukupnya. Namun, jika yang sakit belum usia manula, maka pengapuran, pusing dan pegal-pegal di leher, berarti itu ada kaitannya dengan adanya trauma lokal, seperti pernah kena pukul / jatuh / benturan di leher. Selain itu ada juga kaitannya dengan adanya reaksi 'daya tahan' organ dan sistem tulang di leher terhadap adanya radang atau kelainan lainnya pada jaringan lokal yang memicu pengendapan zat kapur. Coba minta saudara laki-laki ananda itu untuk mengingat mungkin dulu pernah jatuh atau terpukul di bagian leher atau mungkin dulu pernah sakit waktu kecil dulu, sehingga sekarang terdeteksi ada pengapuran di lehernya. Untuk kejadian ini, bisa dihindari dengan membangun daya tahan tubuh, dengan banyak konsumsi makanan dan minuman bergizi, olah raga dan istirahat yang cukup.

Demikian penjelasan dari saya, semoga dapat membantu mencari penyelesaian masalah yang dikeluhkan.
Konsultasi lain :
Pilihan Makanan/Minuman Unt. Rahang "Sakit"
Ukuran Kaki Kanan dan Kiri Berbeda
Pantat Tepos Nih...
Osteoporosis vs Batu Ginjal
Terkilir tak kunjung pulih
Nyeri Punggung setelah Angkat Beban
Tanya Lebih Jauh Tentang Fibrous Dysplasia...
Selalu Pegal di Pundak Kanan, Pengapuran kah ?
Demam, Cepat Lelah dan Pegel Linu sampai Tulang !
Punggung Kiri Lebih Rendah daripada Kanan
Halaman : Awal |Sebelum |1 2 |Berikut |Akhir 

a a a a a a a a a
home cantik selalu ibu dan balita dari alam info obat tips panduan makan serba-serbi sehat a
Copyright © mediasehat 2006